Penjualan Cerdas: 8 Tips Pro untuk Memasarkan Buku Anda di Media Sosial

Jika Anda seorang penulis, Anda dapat menggunakan bantuan agar buku Anda sampai ke tangan pembaca. Lanjutkan membaca untuk delapan tips profesional yang dapat Anda gunakan sekarang untuk mempromosikan buku Anda.

1. Pesta Pra-Rilis
Apakah Anda memiliki buku baru yang akan Anda rilis? Pesta rilis online adalah cara terbaik untuk memasarkan buku Anda. Baik Anda menjadi tuan rumah dari kenyamanan rumah Anda atau melakukan streaming dari acara nyata, buatlah acara tersebut menyenangkan bagi semua orang. 

Buat acara di Facebook untuk mengundang pengikut. Tawarkan diskon untuk buku bertanda tangan yang dipesan sebelumnya. Dorong pengikut untuk mengundang teman Facebook mereka ke acara tersebut. Setelah acara dimulai, buatlah gambar untuk memberi penghargaan kepada pengikut yang memiliki tamu terbanyak.

Untuk pesta rilis Anda, Anda memerlukan hashtag unik dan banyak game online.

2. Hadiah Buku
Hadiah buku selalu menarik. Gabungkan hadiah saat mempromosikan buku di karir media sosial baru. Item dapat mencakup hadiah bermerek seperti penanda buku khusus, tas jinjing, dan kaos oblong. Gunakan ini untuk meningkatkan peluang menang .

Goda pengikut agar mereka tetap terlibat. Hadiahi jawaban yang benar dengan perlengkapan buku. Di akhir periode giveaway, adakan beberapa pengundian untuk membagikan buku bertanda tangan kepada peserta aktif.

Giveawaynya bisa berlangsung seminggu atau sebulan. Gunakan hal-hal sepele tentang karakter Anda untuk membuat orang membaca buku Anda. 

3. Memasarkan Buku Anda dengan Iklan Media Sosial
Cara efektif untuk menjangkau khalayak yang lebih luas saat memasarkan buku Anda di platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah dengan menjalankan Iklan. Platform ini menawarkan iklan yang murah dan mudah dibuat yang menjangkau audiens target yang Anda pilih. 

Saluran jaringan ini juga memberikan wawasan analitis sehingga Anda dapat memantau keberhasilan kampanye Anda. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, jeda kampanye dan sesuaikan beberapa hal. Pelajari lebih lanjut  tentang pemasaran untuk mendapatkan hasil terbaik untuk promosi Anda. 

Bagian terbaik dalam menjalankan iklan adalah Anda menetapkan anggaran dan jumlah hari iklan akan berjalan. Ditambah lagi, mereka bisa dihentikan kapan saja.

4. Bacaan Gratis di Kindle
Gratis selalu menghentikan orang di jalurnya. Jika buku Anda terdaftar di KDP Amazon, Anda diperbolehkan menawarkan eBook Kindle Anda secara gratis selama periode promosi terbatas. Agar pembaca mengetahui promo gratis Anda sedang berlangsung, Anda perlu mempromosikannya.

Media sosial memberi Anda platform itu. Buat gambar promosi dan bagikan di platform Anda. Tayangkan dan beri tahu pembaca bahwa buku tersebut saat ini GRATIS. Anda juga dapat membuat iklan pendek atau membagikan promo video.

5. Bab Dibaca
Tren pemasaran buku manfaat pemasaran media yang berkembang lahir dari tren populer lainnya. Beberapa tahun yang lalu penulis memperlakukan pembaca dengan promosi bab sebulan. Penulis akan berkolaborasi dalam sebuah cerita dan penulis baru menambahkan satu bab setiap bulan. 

Dengan pembacaan bab, pembaca memposting video membaca satu bab dari buku favorit mereka. Penulis membagikan atau memposting video ke halaman mereka untuk mempromosikan buku mereka. Penulis juga mendorong pembaca lain untuk membuat video mereka sendiri dan membagikan arti bab tersebut bagi mereka.

6. Pembicaraan Penulis Langsung
Sebagian besar jaringan media sosial memiliki platform untuk streaming langsung. Penulis menggunakan fitur ini sebagai cara untuk terhubung dengan pembaca buku dan mempromosikan buku di media sosial.

Dahulu pembaca hanya bisa bermimpi berteman dengan seorang penulis, apalagi ngobrol dengan seorang penulis. Hal terdekat yang akan mereka dapatkan adalah jika toko buku lokal mereka mengadakan penandatanganan buku. Saat ini penulis terhubung dengan pembaca melalui media sosial.

Tetapkan waktu kapan Anda akan melakukan streaming langsung di semua platform media sosial Anda. Kirimkan peringatan, poskan di saluran dan situs web Anda. Dorong pembaca untuk mengirimkan pertanyaan sebelumnya.

Anda dapat menjawab pertanyaan mereka, membicarakan rilis terbaru Anda, dan memberikan tips penerbitan. Jika Anda memiliki saluran YouTube, Anda dapat memperoleh sisa pendapatan dari video tersebut. 

7. Tantangan Tagar
Penggunaan hashtag sangat populer. Yang belum diketahui banyak orang adalah bahwa hashtag mengelompokkan postingan yang menggunakan hashtag yang sama ke dalam satu grup. Gunakan hashtag untuk nama Anda, judul buku Anda, dan fitur populer tentang buku tersebut dalam deskripsi postingan Anda.

Siapa pun di situs sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube dapat mempersempit pencarian mereka menggunakan hashtag. Contoh hashtag adalah #JohnDoe #SciFi #NewBookRelease

8. Bagikan Review Buku dari Amazon
Promosi mulut ke mulut terbukti menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan ulasan buku Amazon, pengikut media sosial Anda dapat melihat pendapat orang lain tentang buku Anda.

Amazon menandai semua ulasan sebagai pembelian terverifikasi untuk menambah validitas ulasan. Ini adalah buku yang dibeli dari situs mereka. Amazon menyediakan tautan permanen yang dapat Anda masukkan ke dalam postingan media sosial Anda.

Tambahkan uraian singkat yang menginstruksikan pengikut untuk mengeklik tautan untuk melihat ulasan bintang 5 Anda. Dorong mereka untuk membeli buku Anda. Bagi yang sudah melakukan pembelian mohon untuk memberikan review juga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Minyak Kutus Kutus Asli Dan Palsu

Hal-hal yang Tidak Pernah Anda Ketahui Tentang SPT Anda

Lebih Lanjut Tentang Pajak Penghasilan